Wednesday, May 23, 2012

ke negeri jiran....

kali ini saya akan sharing mengenai experience ke negeri jiran malaysia. di awali ke pulau penang.
ceritanya nemenin my brother untuk berobat.
sudah lama di komporin salah seorang mitra bisnisnya, baru kali ini sempat untuk berobat. sambil nemenin, aku juga sekalian general cek up.

berangkat dari soeta pake air asia, ini pengalaman pertama saya keluar negeri selain ke arab untuk umroh atau haji. take off jam 5.30 di terminal 3 saya sudah hadir sebelum jam 4 pagi :).
di terminal 3 ternyata aku tidak menemukan executive lounge seperti di terminal 2 atau 1. disini cuma mandala dan air asia. ekonomi indonesia sepertinya akan meledak. setidaknya dapat kita lihat dari ramainya jalur penerbangan,  pas di pesawat baca bisnis indonesia, perusahaan penerbangan mendesak agar halim bisa di buat komersil.

makin optimis dengan indonesia, di perkirakan tahun 2050 indonesia akan menjadi 7 besar negara dalam hal kemandirian ekonomi. hal ini karena pasar domestik yang amat besar. terbukti kita kita terpengaruh dengan goyangnya ekonomi amerika dan eropa.
jadi bersyukur juga ekonomi kita tidak banyak di topang dari tingkat eksport. tapi lebih di topang oleh konsumsi lokal. di perkuat dengan data makin meningkatnya penduduk kelas menengah yang 'rakus' mengkonsumsi.

sampai di penang jam 8.30 waktu setempat. lebih cepat 1 jam dari jakarta.
disini banyak pilihan rumah sakit, pak jimmi  mendapat saran dari pamannya yang biasa berobat disini untuk ke RS Loh Guan Lye di jalan macalister.

sesampainya di rumah sakit kita langsung ke customer service dan disambut seorang petugas di desk internasional. sama seperti di rumah sakit  di indonesia, prosesnya cepat dan kita tinggal mengikuti alur yang ada. untuk paket general cek up kita bayar RM 561 atau setara 1.5 juta.

dari desk internasional diantar petugas ke bagian lab. di sini kita dipanggil untuk cek darah, urin , usg dan lainnya. bagusnya kita memiliki kemiripan bahasa jadi tidak sulit untuk komunikasi.
dari media massa yang ada di mading aku bisa tahu kalau di penang ini sedikitnya ada 100 WNI yang berobat ke penang. dan rumah sakit ini menjadi destinasi utama. pun tadi aku pas menunggu giliran antre mengobrol dengan beberapa pasien dari indonesia. kebanyakan memang dari medan. karena cuma 45 menit dari sana.

selesai berobat kita cari hotel, kebetulan di depan rumah sakit ada grand inn, semalam RM 115. katanya ini hotel baru sebulan jadi. pantas pas masuk kamar masih wangi cat. kita menginap karena besok pagi akh dahlan harus cek operasi kecilnya.

ada teman yang ajak makan di daerah pantai, namanya persiaran gumay, tapi katanya ini tempat prime, tempat hang out , di sekitar pantai berdiri hotel dan apartemen mewah.

kalau di perhatiin penduduk di penang kebanyakan cina, melayu dan india. china ada 60 persen, itu menurut rajit, rekan yang guide kami disini. makanya pas jalan di mall kita jarang liat yang pake kerudung, nanti kalau mau liat yang kerudung di KL, begitu temen saya infokan.