Friday, August 13, 2010

tentang haji.....

musim haji sebentar lagi, ketika seorang ingin berhaji biasanya akan sebanyak mungkin mengumpulkan informasi mengeni haji, sehingga persiapan menjadi lebih matang. saya ingin berbagi pengalaman haji, semoga bermanfaat buat teman2 yang berniat haji tahun ini atau tahun-tahun mendatang.
pada tulisan awal ini saya ingin berbagi mengenai bagaimana kita mendaftarkan diri saat akan berhaji, ini mungkin bermanfaat bagi yang belum mendaftar.

1. membuka tabungan haji
langkah awal adalah mendaftar ke bank yang memang menyediakan program-program haji. mulai tahun ini setoran awal untuk mendapatkan porsi adalah 25 juta, awalnya 20 juta namun baru mei lalu (info dari CS bank muamalat) naik menjadi 25 juta.
perlu diketahui buat teman2 ketika kita menyetor 25 juta tidak otomatis berangkat tahun depan, tapi menunggu antrian yang tiap propinsi berbeda jangka antriannya.
seperti untuk banten apabila kita mendaftar sekarang maka kita mendapat porsi keberangkatan tahun 2014, bahkan jakarta tahun lalu saya dengar sudah sampai 2016 seperti halnya jawa timur.
bagaimana jika belum memiliki dana 25 juta dan mau mendaftar...?, berarti makin lama kesempatan untuk berhaji. tenang, buat teman2 yang mau berhaji namun dananya belum cukup bisa menggunakan dana talangan yang ada di bank muamalat. ini saya tidak promosi lho, hanya mengabarkan kabar baik kepada teman2 yang berniat namun belum cukup dana.
silahkan hubungi muamalat untuk jelasnya. semoga bank-bank lain bisa mencontoh program ini, karena memudahkan buat teman2 yang mau haji tapi belum cukup dana.

2. mendaftar ke depag
setelah memiliki dana 25 juta di tabungan (lebih juga boleh ), langkah kedua adalah mendaftar ke kantor depag setempat, kalau anda orang tangerang adanya di belakang samsat cikokol, kalau daerah lain cari sendiri ya... :) .
nanti di depag kita diminta mengisi SPPH (Surat Permohonan Pergi Haji), langkah selanjutnya di poto dan sidik jari. saya sarankan kalau ke depag bawalah teman yang sudah pengalaman atau ajak KBIH yang anda pilih untuk menemani. karena biasanya KBIH sudah sangat mengenal petugas2 di sana. kalau anda tinggal di sekitar tangerang bisa menggunakan KBIH ulul albab yang ada di islamic village, kebetulan haji tahun lalu saya ikut ulul albab, atau anda bisa juga memilih KBIH yang dekat rumah anda.

3. mendaftar porsi haji
setelah urusan depag selesai anda bisa langsung meluncur ke bank tempat anda menabung haji, segera serahkan SPPH anda untuk di daftarkan secara online. sebaiknya jangan menunda waktu, karena pendaftaran ini online langsung ke depag pusat. siapa lebih cepat dia dapat. jangan sampai seperti teman saya yang menunda pendaftaran akhirnya dia berangkat tidak bersama istrinya. gak enak lho haji gak sama istri :), ( nanti saya ceritain mengenai hal ini ).

4. nunggu keberangkatan
setelah porsi di dapat kita tingal menunggu tahun keberangkatan, gak sabar rasanya ingin segera bersimpuh di bawah kabahNya. perbaiki terus ruhiyah kita dan perdalam ilmu mengenai haji.

5. memilih KBIH
ada dua pilihan dalam berhaji, kita ikut KBIH atau haji mandiri. saya jelaskan perbedaaan keduanya.
perumpamaan ikut KBIH atau mandiri seperti kita melangsungkan pernikahan, jika pakai KBIH seperti kita menyewa EO dan kalau mandiri seperti kita mengurus pernikahan secara mandiri. bisa di bayangin khan bedanya.
saran saya sih mending pakai KBIH, membayar sedikit dana namun kita dapat beribadah tanpa rasa was-was. kenapa saya sarankan hal ini.
pengalaman haji kemarin saya bisa merasakan perbedaan antara haji mandiri dan KBIH. kasihan saya kepada teman-teman mandiri tidak ada yang mengarahkan, terkesan masing-masing. apalagi kalau anda menghajikan orangtua anda, saya bisa bilang wajib hukumnya pakai KBIH.
namun bagi anda yang mau mandiri juga gak apa2, biasanya nanti akan di koordinasi oleh depag tingkat kecamatan atau kabupaten.
bagi teman-teman yang mau pakai KBIH saya sarankan sebaiknya jangan asal memilih KBIH, cari referensi sebanyak mungkin dari orang yang sudah berhaji.
karena ada juga KBIH yang tidak profesional lho, ini saya bisa lihat lapangan.

sekian dulu nanti sambung lagi.....



1 comment:

vs said...

terimakasih atas sharing pengalamannya, karena saat ini saya sedang binggung untuk memilih antara mandiri dan reguler...
saya mendaftar sbg haji mandiri dan saya (perempuan) berangkat sendiri jadi berfikir untuk gabung dengan BPIH.
jadi kalau dgn KBIH lebih diarahkan yah ??? kalau mandiri ... kita sendiri sendiri.

kalau boleh tahu ikut kbih mana yah ??